Thursday, March 13, 2014

Session 3 (Dosen Tamu) - Algoritma dan Struktur Data

Algoritma
Algoritma merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria.

Struktur Data

Struktur data adalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien.



Array

Array merupakan kumpulan elemen data yang sama karena elemen data tersebut harus memiliki tipe data yang sama (homogen). 

Linked List

Linked List merupakan struktur data yang dinais dimana elemennya dapat ditambah atau dihapus kapan saja karena dijalankan saat run-time. Setiap elemen pada Linked List disebut node (titik). Keuntungan dari Linked List adalah lebih menghemat memori karena elemen yang tersedia sesuai kebutuhan yang ingin dipakai saja.



Perbedaan Array dan Linked List




Dosen Tamu

Pada Senin, 10 Maret 2014 kelas besar Struktur Data 42PGT kedatangan dosen tamu bernama Ongky Pribadi, S.Kom. (CMIIW). Beliau bekerja sebagai programmer freelance dan dulunya lulusan Sistem Informasi. Beliau memilih untuk tidak bekerja dikantoran dan lebih memilih freelance. Saat ini beliau telah membuat banyak aplikasi untuk berbagai perusahaan dan beliau biasanya melakukan maintenance jika diperlukan. Misalnya dengan program yang hanya memerlukan 2 modul bisa berharga 12 juta untuk membuatnya, sedangkan untuk maintenance bisa mencapai 300ribu perdatang. Intinya bekerja dibagian teknologi seperti programmer merupakan pekerjaan yang memberikan gaji yang cukup besar.

www.binus.ac.id

www.skyconnectiva.com

No comments:

Post a Comment